Senin, Maret 10, 2008

Semangat Pengelolaan Sampah Warga Jakarta

 


 

JAKARTA, KCM - Meskipun ibukota Jakarta belum bisa terbebas dari musibah banjir dan masih terperangkap dalam polusi udara, masyarakat urban kota metropolitan ini patut bergembira karena semangat warga untuk melestarikan lingkungan sekitar tidak pernah surut. Mereka tidak hanya rajin melakukan penghijauan tapi juga kreatif dalam mengelola limbah sampah.

Komunitas penggiat lingkungan hidup pun terus bertambah dari waktu ke waktu. Bahkan tidak sedikit diantara mereka yang serius menggeluti kegiatan ini dan menjadikannya lahan bisnis baru yang cukup menjanjikan.

Dengan maksud memberikan inspirasi dan motivasi kuat bagi anggota masyarakat lainnya untuk ikut tergerak dalam pengelolaan lingkungan hidup, Bumi Kita meliput secara langsung hiruk-pikuk para penggiat lingkungan hidup dalam mengolah sampah.

Salah satunya dituangkan dalam artikel tentang Entrepreneur, program pemberdayaan masyarakat melalui sampah kering yang digagas oleh Jakarta Green and Clean dengan judul "Entrepreneur: Dari Karyawan Hingga Bahan Baku " dan "Pilah-pilah Sampah, Kemudian Diolah " yang berisi potret aktifitas kader Entrepreneur di wilayah Pasar Minggu.

Tema pengelolaan sampah juga dibahas di artikel berjudul "Geliat Pengelolaan Sampah di Ciracas " yang antara lain dilakukan oleh komunitas anak muda dan orang tua. Tim Jakarta Green & Clean (JGC) juga memberikan apresiasi yang tinggi dengan melakukan kunjungan ke beberapa Sentra Kerajinan Sampah Kering seperti tertulis dalam berita "Tim JGC Sambangi Sentra Kerajinan Sampah Kering ".

Di lain pihak, pemerintah dan anggota Dewan juga memberikan perhatian khusus soal sampah, antara lain terlihat dalam peringatan Hari Peduli Sampah yang diisi dengan beragam kegiatan ("Sadar Sampah di Hari Peduli Sampah ") dan progres pembahasan RUU Pengolaan Sampah yang sedang dibahas oleh DPR RI dalam berita "DPR RI Mulai Bahas RUU Pengelolaan Sampah ".

Dan nampaknya semangat masyarakat Jakarta dalam melestarikan lingkungan hidup akan semakin berkobar saat penyelenggaraan lomba Jakarta Green and Clean (JGC) tahun 2008 digelar serentak di lima wilayah Jakarta seperti dibahas dalam artikel "JGC, Dulu dan Sekarang ".


Penulis: iskandar

Tidak ada komentar: