Senin, April 28, 2008

MANAJEMEN BISNIS : Pemasaran Kecap Sedaap

KR. 22/04/2008 05:31:02
http://www.kr.co.id/web/detail.php?sid=160471&actmenu=44

WINGSFOOD dalam beberapa minggu ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan produk kecap merek Sedaap. Kelihatannya Wingsfood ingin mendulang ulang sukses memasarkan Mie Sedaap yang mengguncang dominasi produk mi yang dihasilkan Indofood, misalnya Indomie. Masuknya Kecap Sedaap di pasaran kita, tentunya menambah daftar panjang merek kecap yang telah ada. Brand extension yang dilakukan Wingsfood cukup berani mengingat diferensiasi produk kecap cukup sulit, karena rasa dan warna kecap hampir sama. Tetapi sebagai pemain baru di produk kecap, tentunya manajemen Wingsfood sudah berhitung matang dalam menghasilkan, mendistribusikan, dan memenangkan persaingan dalam pemasaran Kecap Sedaap ini.
Jika dilihat dari merek (brand)-nya, kecap ini memakai merek Sedaap yang sudah digunakan oleh produk mi yang dihasilkannya. Pertimbangan efisiensi dan efektivitas manajemen bisnis Wingsfood dalam memilih merek Sedaap sangat kuat. Sebab merek Sedaap yang diusung Mie Sedaap sudah cukup kuat 'menancap' di benak konsumen. Sehingga kalau produk baru kecap menggunakan merek Sedaap, pertimbangan manajemen adalah tidak perlu waktu lama bagi konsumen untuk mengenali Kecap Sedaap ini sebagai produk Wingsfood.
Sebagai produk pelengkap bagi kebutuhan memasak (termasuk memasak Mie Sedaap), maka Kecap Sedaap tidak akan merusak merek Sedaap, justru akan memperkuat merek Sedaap yang sudah dipakai Mie Sedaap. Keselarasan penggunaan merek Sedaap bagi produk mi dan kecap dari Wingsfood 'memenuhi syarat' karena antara kedua produk tersebut dalam satu kategori produk. Untuk memperkuat positioning Kecap Sedaap ini, Wingsfood menggunakan tagline 'Lebih Hitam, Gurih, Kental'. Produk kecap dengan bahan dasar utama kedelai hitam dan gula merah memang identik dengan warna hitam, gurih dan kental. Tambahan kata 'lebih' adalah positioning Kecap Sedaap dibandingkan kecap-kecap lain yang sudah ada di pasaran yang sama-sama hitam, gurih dan kental. Artinya Kecap Sedaap memiliki kelebihan dalam mutu produk serta product benefit melalui 'indikator' lebih hitam, lebih gurih dan lebih kental dibandingkan kecap merek lain.
Dalam promosinya di televisi, Kecap Sedaap menggunakan celebrity endorser Maudy Koesnaedy. Harapannya konsumen tertarik dan memperhatikan iklan ini karena ada Maudy Koesnaedy yang juga sudah dikenal luas. Dalam benak konsumen diharapkan iklan tersebut memiliki positioning yang lebih kuat dibandingkan iklan kecap yang sudah ada dan memiliki pembeda yang jelas. Misalnya iklan Kecap ABC yang juga gencar ditayangkan di televisi. Iklan Kecap ABC lebih menekankan pada alur cerita, bukan endorsernya yang sudah dikenal. Sedang iklan Kecap Sedaap dengan testimonial dari Maudy Koesnaedy yang sudah terkenal sebagai selebriti, lebih menekankan pada kepuasan dalam menggunakan Kecap Sedaap karena kualitas dan rasa sedapnya yang lebih baik dibandingkan merek lain.
Pemasaran head to head Wingsfood dalam memasuki pasar kecap masih butuh waktu untuk melihat keberhasilannya. Apakah akan sesukses Mie Sedaap nantinya di pasar kecap kita? Melalui pendanaan yang kuat dan distribusi yang merata karena mendompleng distribusi Mie Sedaap, maka Kecap Sedaap diharapkan dapat lebih mudah masuk ke pasar dan merebut hati konsumen sehingga konsumen kemudian melakukan brand switching dari merek kecap lain. q - m
Drs Nur Feriyanto MSi,
Staf Pengajar Pascasarjana Ekonomi UII Yogyakarta.

Tidak ada komentar: