Jumat, November 20, 2009

Kiamat 2012?

Seperti hari minggu yang lain, pada hari minggu ini saya hadir pada suatu pengajian meskipun pada masjid dan kota yang berbeda dari biasanya. Jika biasanya dihadiri oleh jamaah yang relative muda dan didominasi mahasiswa maka kali ini didominasi para pensiunan sehingga hamper semuanya sudah udzur sehingga yang dibahaspun berbeda. Hari pembahasan tentang tanda kiamat terutama atas permintaan panitia akan adanya isu kiamat tahun 2012.
Aku juga heran, kok yang banyak yang percaya pada ramalan meski ada yang bilang ilmiah dan sebagainya. Diramalkan kiamta terjadi pada 21 Desember 2012. Kenapa bukan 20 – 12 – 2012 ya? Kan bagus angkanya? Atau 12 – 12 – 12 ? tapi katanya itu sudah tertulis dalam prasastu suatu suku.Dalam film digambarkan kejadian menjelang kiamat.menurut ustadz adalah kejadian-kejadian bencana di bumi bukan dunia seperti gempa, gunung meletus, tanah merekah dan sebagainya.
Lalu Ustadzpun menjelaskan tanda-tanda kiamat dari Al Qur’an dan hadits agar menambah keimanan kita.Sesampai di rumah aku baca buku “Terjemah Syarah Shahih Muslim karya Imam An-Nawawi” yang baru saja aku beli dari pameran buku dan aku coba bab I ternyata ada juga bercerita tentang ciri-ciri kiamat.
Dalam sebuah hadits yang cukup panjang yang setahu saya juga terdapat dalam Hadits Arbain juga di Bab I yaitu membahas tentang rukun Islam dan rukun Iman sekaligus melalui kedatangan Malaikat Jibril yang mengajukan pertanyaan ke Rasulullah SAW. Berkait dengan tema renungan ini saya tidak menukil keseluruhan bunyi hadits apalgi dengan perawinya namun hanya sepotong yang berkait dengan kiamat. “…….. Lelaki itu berkata lagi ‘Beritahukan kepadaku tentang hari kiamat” Rasulullah menjawab: ‘Tidaklah orang yang yang ditanya lebih mengetahui dibandingkan dengan yang bertanya.” Lelaki itu berkata: ‘Kalau begitu beritahukan tentang tanda-tandanya saja.’ Rasulullah bersabda: ‘Kalau sudah ada budak perempuan melahirkan tuannya, kalau kamu telah menyaksikan orang-orang yang tidak beralas kaki dan tidak berbusana dari kalangan orang-orang melarat penggembala domba saling berlomba-lomba mendirikan bangunan yang tinggi.’ ………….. dan seterusnya. (HR Muslim)
Dalam hadits ini bukan menjelaskan kejadian-kejadian alam yang menghancurkan tapi justru kehancuran moral manusia yang tidak lagi memperhatikan perilaku nafsunya baik nafsu sex, serta nafsu pamer dan sombong. Itulah sebenarnya tanda-tanda kiamat yang sebenarnya yaitu hilangnya iman dihati manusia. Manusia lebih mengedepankan akalnya daripada imannya.
Saya mohon maaf jika kesimpulan saya ini beda dengan para ustadz dan pensyarah hadits, ini memang hanya sebuah perenungan untuk memantapkan hati agar selalu menjaga iman.
Berikut artikel bantahan NASA tentang kiamat 2012

NASA Menjawab Pertanyaan Seputar Ramalan Kiamat 2012

Detik.com - Selasa, 17 November 2009
Demam film bertema kiamat, "2012" tengah melanda. Banyak pertanyaan muncul terkait ramalan kiamat tahun 2012 itu.Salah satunya mengenai kisah munculnya prediksi kiamat tersebut. Awal prediksi kiamat tersebut bermula dari klaim bahwa Nibiru, planet yang diduga ditemukan Bangsa Sumeria tengah melaju menuju Bumi. Bencana awalnya diprediksi datang pada Mei 2003. Namun karena tidak ada yang terjadi pada hari yang ditentukan itu, prediksi kiamat beralih ke Desember 2012. Kemudian dihubungkanlah dengan kisah berakhirnya sistem penanggalan suku Maya kuno pada musim dingin 2012 dan diprediksi tanggal kiamat jatuh pada 21 Desember 2012.
Tapi benarkah ada planet bernama Nibiru atau Planet X atau Eris yang sedang mendekati Bumi dan mengancam planet kita dengan kerusakan luas? Menurut NASA dalam situsnya, Nibiru dan kisah lainnya mengenai planet yang tengah menuju Bumi hanyalah hoax internet. Tak ada dasar untuk mendukung klaim tersebut.
Lebih lanjut dinyatakan NASA, jika Nibiru atau Planet memang ada dan tengah akan menuju Bumi pada tahun 2010, maka para astronom pasti sudah akan mengetahuinya setidaknya pada satu dekade terakhir. Dan planet itu harusnya bisa terlihat dengan mata telanjang saat ini.Jelas sekali itu tidak nyata. Sedangkan Eris meski nyata adanya, namun itu merupakan planet kecil mirip dengan Pluto yang akan tetap berada jauh dari Bumi. Jarak terdekat dengan Bumi yang mungkin adalah sekitar 4 miliar mil.Banyak pula yang menanyakan tentang teori pergeseran kutub.
Mungkinkah itu terjadi?
Menurut NASA, pergeseran rotasi Bumi mustahil terjadi. Memang ada pergerakan lamban benua-benua (misalnya Antartika yang dekat dengan ekuator ratusan juta tahun silam), namun ini tidak relevan dengan klaim pergeseran kutub.Lantas apakah Bumi terancam ditabrak oleh meteor pada tahun 2012? Menurut NASA, Bumi memang akan selalu bisa mengalami tubrukan dengan komet dan asteroid, meskipun tabrakan besar sangat jarang terjadi.Tabrakan besar terakhir adalah 65 juta tahun lampau. Dan itu menyebabkan musnahnya dinosaurus.
Kini para astronom NASA sedang melakukan survei yang disebut Spaceguard Survey untuk menemukan ada tidaknya asteroid-asteroid besar dekat Bumi sebelum menabrak Bumi."Kami telah memastikan bahwa tak ada ancaman asteroid sebesar asteroid yang memusnahkan dinosaurus," demikian NASA dalam statemennya."Semua pekerjaan ini dilakukan secara terbuka dengan temuan-temuan diposting setiap hari di situs NASA NEO Program Office. Jadi Anda bisa melihat sendiri tak ada yang diprediksi akan menabrak Bumi pada tahun 2012," tandas NASA.

MUI Malang Larang Masyarakat Nonton '2012'
detikcom - Senin, 16 November 2009.
Dunia saat ini sedang tersihir dengan film '2012'. Tak hanya di dunia tapi juga di Indonesia. Antrian panjang pun terjadi di bioskop-bioskop yang memutar film tentang kiamat yang melanda bumi.Namun bagi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Malang film yang dibintangi John Cusack adalah tontonan yang menyesatkan. Film itu tak pantas ditayangkan."Film itu tidak pantas untuk ditayangkan, karena dapat mempengaruhi pemikiran orang," kata Ketua MUI Kabupaten Malang KH Mahmud Zubaidi kepada wartawan saat ditemui di rumahnya Jalan Raya Pakisaji, Senin (16/11/2009).
Menurut Zubaidi, sebagai orang islam memang seharusnya mempercayai adanya hari kiamat. Namun, untuk kepastian terjadinya merupakan kuasa dari yang maha kuasa.Mahmud mengimbau kepada kaum muslim untuk tidak mempercayai gambaran hari kiamat yang difilmkan sesuai dengan kalender Maya kuno yang meramalkan terjadinya bencana pada saat titik balik matahari di musim dingin tahun 2012."Kapan hari kiamat itu terjadi merupakan kuasa dari sang pencipta. Jadi kita tidak boleh menentukan hari itu. Jika ada seperti itu, maka itu menyesatkan," tuturnya.Dari milis semenitCukuplah Al-Qur'an dan AsSunnah untuk membungkam yang mengatakan Kiamatakan terjadi tahun 2012. Inilah sekelumit dalil untuk mereka.
“Manusia bertanya kepadamu tentang (kapan datangnya) hari kiamat.Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang kapan datangnya hari kiamatitu hanyalah di sisi Allah.’ Dan tahukah kamu (wahai Muhammad) boleh jadihari kiamat itu sudah dekat waktunya?” (Al-Ahzab: 63)
Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang HariKiamat, dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang adadalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apayang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahuidi bumi mana dia akan mati” (QS. Luqman : 34)
“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: ‘Kapankah terjadinya?’Katakanlah: ’Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisiRabb-ku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannyaselain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang dilangit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengantiba-tiba’” (QS. Al-A’raaf : 187)
Sahabat yang mulia Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu mengabarkan bahwaNabi Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda:“Diutusnya aku dengan datangnya hari kiamat seperti dua jari ini.” Beliaumemberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengahnya. (HR. Al-Bukharidan Muslim)
Hari kiamat ini tidak akan menimpa kecuali sejelek-jelek manusia, karenaorang-orang yang memiliki iman walaupun sangat tipis telah diwafatkansebelumnya. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mengabarkan:“Tidak akan datang hari kiamat kecuali pada sejelek-jelek manusia.” (HR.Muslim)
--http://semenit. net/http://warungislami .com/ 
Posted by Picasa

Tidak ada komentar: