Kamis, Desember 06, 2007

Tugas Magang dari LSIH ke LPPT UGM


Guna keperluan peningkatan kapasitas manajemen laboratorium maka pada tanggal 3 - 5 Desember ketua Lab Bioindustri (Pak Nur) ditugaskan oleh Laboratorium Sentral Ilmu-ilmu Hayati (LSIH) mengikuti magang akreditasi laboratorium di LPPT UGM. Magang diikuti tiga peserta, dua lainnya dari Kendari.
Selama magang diajarkan cara pembuatan Panduan Mutu, Prosedur mutu, Instruksi kerja dan data pendukung yangdilanjutkan dengan kunjungan Laboratorium mulai penerimaan sampel hingga analisis.
Dalam magang juga diajarkan cara mengkur ketidakpastian diserta contoh aplikasi.

2 komentar:

siput.com mengatakan...

Lab bioindustri di TIP itu kurang memiliki fasilitas yang bisa untuk pilot plan. padahal pembuatan produk fermentasi yang menggunakan substrat cair perlu fermentor. disini jurusan ini bisa mendidik agar mahasiswanya untuk berjiwa enterpreuners. tolong bapak bisa mempertimbangkan ini. dan buat struktur organisasi untuk pembuatan produk skala pilot seperti lab rekayasa.

nurhidayat mengatakan...

Terima kasih komentarnya. kita baru pesan fermentor 100 liter. memang prioritas saat ini adalah ke Lab rekayasa. nantinya akan dilebur dan ada pilot plant sebagai lab untuk pelatihan ke arah industri dan lab analisis untuk praktek mutu, saat ini baru penaatan. Sebentar lagi dibentuk ABEC untuk memfasilitasi kuliah enprepreneur.