Jumat, Maret 13, 2009

Pengumuman UBAQA 2008: 17 UB Top

12 Maret 2009

Pembantu Rektor I Prof. Dr. Bambang Suharto didampingi Ketua PJM Prof. Dr. Soebarinoto menyampaikan penghargaan kepada perwakilan fakultas dan jurusan penerima Universitas Brawijaya Annual Quality Award (UBAQA). Penghargaan diberikan kepada unit kerja akademik terbaik yang telah menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Akademik (SPMA).

Dalam acara yang diselenggarakan di gedung PPI pada hari Selasa (10/3) tersebut, disampaikan penghargaan kepada 5 (lima) fakultas/program terbaik, 10 (sepuluh) jurusan terbaik yang tergolong Lama dan 2 (dua) Program Studi terbaik yang tergolong Baru untuk menerima UBAQA tahun 2008.

Unit kerja yang disetujui Rektor untuk menerima UBAQA 2008 untuk tingkat fakultas adalah Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Peternakan (FPt), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas MIPA (FMIPA), dan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP). Untuk tingkat jurusan (lama) secara berurutan adalah Kimia (FMIPA), Keteknikan Pertanian (FP), Ekonomi Pembangunan (FE), Akuntansi (FE), Budidaya Pertanian (FP), Teknologi Hasil Pertanian (FTP), Biologi (FMIPA), Matematika (FMIPA), Teknologi Industri Pertanian (FTP), serta Teknik Pengairan (FT). Sedangkan penerima UBAQA untuk tingkat program studi kategori baru adalah Sastra Inggris (Program Bahasa dan Sastra) dan Keperawatan (FK).

Hadiah yang disampaikan berupa satu buah laptop secara simbolis dalam bentuk Sertifikat Rektor UB 01/UBAQA-UB/2008 di Ruang Sidang Lt 2 Gedung PPI tanggal 10 Maret 2009. Dalam sambutannya Pembantu Rektor I menyampaikan penghargaan kepada seluruh unit kerja di UB atas perbaikan kinerjanya dan kontribusinya dalam perbaikan penyelenggaraan akademik UB. Selanjutnya PR I mengucapkan selamat kepada fakultas/jurusan/program studi yang mendapatkan hadiah, dengan harapan agar kinerja yang sudah bagus dapat dipertahankan dan ditingkatkan secara berkelanjutan. Bagi yang belum memperoleh penghargaan, PR I mengharapkan ada peningkatan kinerja lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Ketua PJM menyampaikan bahwa pada tahun 2009, UBAQA 2009 akan memberikan hadiah 17 buah laptop dan 1 buah mobil Avanza untuk unit kerja terbaik.

Memenuhi Kriteria

Sejak tahun 2008, UB mengembangkan Reward System in Quality Assurance yang diberikan untuk unit kerja UB yang menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Akademik (SPMA). Semua unit kerja akademik di UB yang berjumlah 12 fakultas/program dan 37 Jurusan atau Program Studi (PS) telah melaporkan kepada Rektor hasil implementasi SPMA yang dikembangkan. Dengan demikian maka seluruh unit kerja tersebut telah memenuhi persyaratan Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) UB.

Unit-unit kerja yang berhasil keluar sebagai penerima UBAQA 2008 dianggap telah memenuhi kriteria penilaian berdasarkan Berdasarkan MP-ISO.PJM-UB.16 tentang Pelaksanaan Universitas Brawijaya Annual Quality Award (UBAQA) dan Surat Tugas Rektor No. 4331/J.10/LL/2008 tanggal 23 Desember 2008, Tim UBAQA Tahun 2008 yang terdiri atas Kepatuhan pada AIMA Batch I (Organisasi SPMA, Dokumentasi (Format, Coding, Isi, Pengesahan Dokumen), Implementasi SPMA, Bobot 25%), Kepatuhan pada AIMA Batch II (Standar Akademik, Evaluasi Kinerja, Temuan Ketidak-patuhan, Borang Data Dukung AIMA, Bobot 50%), Kapasitas Planning (Renstra, Program Kerja, EPSBED, Akreditasi PS, Bobot 15%), dan Kesiapan World Class University (Functional website, research publication number, teaching quality, Bobot 10%). (fjr)

Tidak ada komentar: