Minggu, November 18, 2007

Sejak hari sabtu hingga selasa di lakukan pelatihan bagi dosen dan mahasiswa di guesthouse UB. pada hari sabtu oleh Prof Gumira Said dan sekarang oleh Bapak Dwi Larso dari ITB dan Bu Agustina.
masalah dalam entrepreneur dapat didekati dengan riset pasar.
Analisis atribut, misalnya spidol kita pecah komponen-komponennya. kemudian kita pertanyakan misal kenapa bentuknya bulat panjang. lalu kita buat yang lain, dimana keunggulan kita.
dapat juga dilakukan dengan check list sekitar 120 pertanyaan, misal dapatkan ditambah fitur lain?, jumlah saat dijual apakah harus satu atau paket, dari segi tinta, misalnya tinta spidol yang cepat kering atau tidak bau, misal ada dua warna dalam satu spidol.
Relationship analysis. suatu produk dibikin matrik 2x2 siapa pengguna siap pembuat, misal kita bikin motor: siapa yang menggunakan (mhs, pengantara barang, ibu2) dsb penggunaan 9balap, boncengan, bawa barang dst), dibuat sel-sel dan dicelah mana belum ada pesaing.
Morpohological matrix, misal produk pembesih, bagaimana cara menggunakan 9dioleskna, disemprot, di lap dsb) atribut lain bahan (jel, serbuk padat, ketiga kemasan (botol, kartun dsb) sebanyak atribut yang ada dikombinasikan dicari yang paling mungkin.metode dua kolom kita pilih dua kata dan kita paksakan. misal (kata poster dan wc) harus dipaksanakan suatu bisnis yang ada posternya dan wcnya.
Analogi pada yang hampir sama misal mobil dan sepeda 9apa samanya dan apa bedanya) lalu ditemukan sepeda motor.
lateral research: paling kacau meliputi
  1. lateral thinking
  2. Forced relationship
  3. Creative stimuli: misal ada problem gelas diisi air ada embun diluar, gimana cara mengatasinya.
  4. Big winner. produk yg lagi diterima masyarakat misal bengkel modifikasi, design interior sesuai konsumen. kita bisa melihat pola kenapa produk2 ini bisa unggul. kita dikenal sebagai genY yaitu bersifat customize.
  5. Competitive analysis. melihat keunggulan kompetititor dengan dibreakdown semua komponen kemudia dia hitung biaya yang dibutuhkan kemudian dia hitung profit yang diambil.

Tidak ada komentar: